RSS

Sumber Informasi Internet

Saya rasa dijaman sekarang ini hampir semua kalangan merupakan pengguna internet.
Internet merupakan sarana yang efektif dan efesien untuk melakukan komunikasi orang per orang, orang-kelompok, dan kelompok-kelompok. Informasi yang diperoleh tidak terbatas dan selalu uptodate. Setiap pengguna komputer yang terhubung pada jaringan internet dapat melakukan komunikasi tanpa dihalangi oleh waktu dan tempat.

Penyebaran informasi melalui Internet dalam bentuk halaman website yang dibuat dengan format file HTML (Hypertext Markup Language). Untuk dapat menampilkan halaman website, perangkat lunak yang digunakan disebuat web browser, seperti yang saat ini kita gunakan. Halaman utama dari web disebut Homepage, disini kita bisa mencari informasi dan memberikan informasi.

Informasi yang didapat melalui internet sangat beragam, yaitu mulai dari kumpulan tulisan, program komputer, database, gambar, musik, film, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Namun, tidak semua informasi yang berada di internet benar, terkadang informasi yang berada di internet merupakan informasi palsu. Misalnya, gambar-gambar artis yang diedit dan diupload ke internet. Jadi informasi yang kita dapatkan dari internet tidak semua benar, semua tergantung dari webmaster (orang yang memposting atau upload informasi).
Layanan internet yang dapat kita peroleh, antara lain

e-mail, Fasilitas untuk menerima adn mengirim teks, suara, video, dan gambar melalui internet.

Remote login, yaitu telnet, adalah fasilitas untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh

File transfer protocol (FTP), adalah fasilitas yang digunakan untuk mentransfer file dari satu komputer ke server web, dan komputer ke komputer lain.

Network news, disebut bulletin board service (bbs) adalah fasilitas yang memungkinkan pengguna internet dapat berdiskusi tentang suatu topik.

Information browsing, yaitu Gopher, adalah fasilitas untuk menemukan informasi di internet dalam bentuk teks.

Advanced browsing, yaitu www (world wide web), adalah fasilitas untuk menemukan informasi di internet tidak hanya dalam bentuk teks, melainkan grafis, suara, dan video.

Automatic title search, yaitu Archie dan Veronica, adalah fasilitas pencarian informasi di internet dengan mengetikan title (judul) topik.

0 komentar:

Posting Komentar